Pembelajaran Teori Musik Menggunakan Software Sibelius di Kelas X SMK Negeri 7 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/ag.v1i2.11Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pembelajaran Teori Musik Menggunakan Software Sibelius di kelas X Musik SMKN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung berupa alat tulis dan handphone. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengumpulkan data, mengidentifikasi data, mengklasifikasikan data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini adalah 1) pembelajaran teori musik dengan materi interval dikelas X Musik menggunakan software sibelius berjalan dengan baik dan lancer, 2) penggunaan software sibelius sebagai media pendukung utama menjadi efektif digunakan dalam pembelajaran teori musik dikelas X Musik SMK N 7 Padang, 3) keefektifan penggunaan software sibelius untuk menyalin notasi musik dan memperdengarkan bunyi secara langsung dirasakan oleh semua siswa., 4) suasana pembelajaran dikelas X Musik menjadi lebih menyenangkan, efektif dan hasilnya lebih baik dengan media pendukung software sibelius.
References
Arly, C. (2007). Menulis Notasi dan Memainkan Musik dengan Sibelius 3. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Banoe, P. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.
Jamalus. 1988. Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan
Kamara, D., Yensharti, Y., & Syeilendra, S. (2018). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMK Negeri 2 Padang. Jurnal Sendratasik, 7(3), 25-30.
Kenedi, T., & Lumbantoruan, J. (2019). Pembelajaran Seni Musik di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Jurnal Sendratasik, 8(4), 52-60.
Magara, A., H. S. Mudjilah, & H. Kusumawati. (2014). “Efektivitas Penggunaan Media Sibelius 7 terhadap Tingkat Pemahaman Notasi Musik dan Akor di SMP Negeri 1 Mungkid”. Jurnal UNY, 3(1)
Mimanda, F. V., & Yensharti, Y. (2022). Teknik Bowing dalam Pembelajaran Praktek Instrumen Mayor (Gesek) di Prodi Pendidikan Musik Departemen Sendratasik UNP. Jurnal Sendratasik, 11(3), 444-458.
Moleong, L. J. (2006). Qualitative Research Methods Revised Edition. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Paramita, Y., & Yensharti, Y. (2020). Penggunaan Media Powerpoint Dalam Pembelajaran Musik Tradisional Di SMP Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Sendratasik, 10(1), 326-336.
Ritonga. 2013. Upaya dalam Pelaksanaan Pengajaran dan Pembelajaran Pendidikan Seni Musik berbasis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Vol.6, No.2
Zainul, A., & Nasution, N. (1997). Penelitian Hasil Belajar. Jakarta: Dikti.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 muhamad rafi alkhudri, Yensharti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.