Penerapan Materi Tangga Nada dan Interval Untuk Menguatkan Intonasi dalam Menyanyikan Lagu Yamko Rambe Yamko dalam Pelaksanaan Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Negeri 29 Padang

Authors

  • Nanda Setianing Kasih Universitas Negeri Padang
  • Yensharti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/ag.v1i2.12

Keywords:

Ekstrakurikuler, Paduan Suara, Intonasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penerapan materi tangga nada dan interval untuk menguatkan intonasi dalam menyanyikan lagu yamko rambe yamko dalam pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 29 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan metode studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan alat tulis, kamera  dan handphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan materi tangga nada dan interval sangat bermanfaat untuk menguatkan intonasi dalam menyanyikan lagu yamko rambe yamko pada pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara di SMPN 29 Padang. Hasil yang dicapai siswa bisa menyanyikan lagu yamko yambe yamko baik secara unisono (satu suara) maupun pecahan suara (suara 1 dan 2). Sebelum diterapkan materi tangga nada dan interval pada pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara ditemukan bahwa hanya satu siswa saja yang tepat dalam menyanyikan lagu yamko rambe yamko dengan benar dan setelah diterapkan hampir seluruh siswa dapat bernyanyi dengan baik dalam menyuarakan setiap nada dengan teknik yang benar serta punya rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini membuktikan bahwa ada peningkatan hasil bernyanyi yang lebih baik dengan diterapkannya materi tangga nada dan interval selama enam kali pertemuan di SMP Negeri 29 Padang.

References

Ademutia, M.Pd, dan Joniwati, Popi, S.Pd. Seni Budaya, untuk SMP kelas 9. Literasi Akademik.

Aksa, M. Saleh. (2012). Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Melalui Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreaktif, Efektif, Dan

Menyenangkan (PAKEM) Pada Pokok Bahasan Pasar Kelas X Di MAN Gandapura. Lentera. Vol. 12. No. 1.

Ardipal. (2011). Bina Vokalia (Intonasi, Resonansi, dan Artikulasi). PENERBIT SUKABINA PRESS.

Asep, Henry, Hernawan, dkk. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Penerbit UT. Cet 15.

Banoe, P.(2003). Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius.

Denzin K. N. Lincoln S. Y. (1994). Hand Book Of Qualitative Research. Londong-New Delhi: Sage Publication.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sekolah Dasar dan Menengah. Depdiknas. Jakarta.

Ferris, Jean. (1985). Music, The Art Of Listening. C. Brown Publisher: U.S

Gill, K. Z., & Purves, D. (2009). A biological rationale for musical scales. PLoS One, 4(12), e8144.

Ii, B. A. B., and Landasan Teori. (2003). “No Title.” 10–36.

Jamalus. (1988). Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Peendidikan.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: https://kbbi.web.id/vokal [Diakses 2 Januari 2023].

Kemendikbud. (2014). Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Budaya.

Latifah, D. (2016). Vokal Teoritis dan Praktis. Bandung:Bitang Warliartika.

Lestari, Prawidya. (2016). “Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, Dan Hidden Curriculum Di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta.” Jurnal Penelitian 10(1):71. doi: 10.21043/jupe.v10i1.1367.

Lexy. J. Meleong.(2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Muhammad, Syafiq. (2003). Ensiklopedia Musik Klasik. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Negara, Kementerian Sekretariat. (2019). “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.”

Permendikbud No 63 Tahun 2014 53(9):1689–99.

Patton. (1980). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Pratama, Zamrud Whidas, Aris Setyoko, and Fikri Yassar Arozaq. (2021). “Ornamentasi Vokal Pada Tarsul Kutai Kartanegara.” Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik 1(1):25–34. doi: 10.30872/mebang.v1i1.3.

Prihatin, Eka. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabet.

Wibowo, Y. A. (2015). Pengembangan Ekstrakurikuler. Olahraga Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2023-05-22

How to Cite

Nanda Setianing Kasih, & Yensharti. (2023). Penerapan Materi Tangga Nada dan Interval Untuk Menguatkan Intonasi dalam Menyanyikan Lagu Yamko Rambe Yamko dalam Pelaksanaan Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Negeri 29 Padang. Avant-Garde: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan, 1(2), 107–114. https://doi.org/10.24036/ag.v1i2.12

Issue

Section

Articles