Pengembangan Minat dan Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Vokal di SMP Adabiah Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/ag.v1i2.24Keywords:
minat, bakat, ekstrakurikuler, vokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler vokal di SMP Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui cara studi pusaka, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data adalah mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, mengklarifikasi data, menginterpretasikan data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler vokal di SMP Adabiah Padang belum berjalan dengan baik. Masih banyak siswa yang belum bisa tentang teknik vokal yang benar karena kurangnya latihan, kurang memahami materi dan pembelajaran teknik vokal.
References
Al-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40.
Arikunto, Suharsimi. (1993). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Cetakan VI). Jogjakarta: Diva Press.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Gagne, Briggs J, Principles of Instructional Design, Second Edition, (New York: Holt Rinehart and Winston, 2008), h. 7-8
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi aksara, 2013)
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Hamalik, Oemar.1994. Media Pendidikan, Bandung: PT. Citra Aditya Bhakti
Harjanto, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta : PT. Rineka Cipta, Cet. III.
Heinich, Robert, et al, Instructional Media and Technology for Learning, (New Jersey : Prentice Hall, 1999), h. 8.
Jakarta: Rineka Cipta.
Jamalus. (1981). Musik IV. Jakarta: Proyek Pengadaan Buku SPG.
Jamalus.(1981). Musik 4 Untuk PSG. Jakarta: Departemen Pendidikan danKebudayaan.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mita, R. A., & Kristiandri, D. (2021). Metode Dan Teknik Vokal Pada Paduan Suara Gregorius Di Paroki Aloysius Gonzaga Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1).
Sadirman A.M. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT RajaGradindo
Sadirman A.M. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT RajaGradindo
Sanjaya Wina. 2013. Penelitian Pendidikan (Jenis, Metode dan Prosedur). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Soewito, M. (1996). Teknik Termudah Belajar Olah Vokal. Jakarta: Titik Terang.
Suryosubroto. (2009). Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung dan Beberapa Komponen Layanan Khusus.
Suryo Subroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), h. 271
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Viningsih, S. R. (2020). Pelaksanaan program pengembangan diri siswa di sekolah menengah atas negeri 1 Timpeh Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1(1).
Wiyani, N. A. (2013). Konsep, Praktik, & Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hayatunnisa Hayatunnisa, Jagar Lumbantoruan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.