Dampak Pasca Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Seni Tari di SMA Adabiah 2 Padang

Authors

  • Zelvira Angela Universitas Negeri Padang
  • Yuliasma Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/ag.v1i2.21

Keywords:

dampak, pasca, covid-19, seni tari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak pasca pandemi covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran seni tari di SMA Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen utama peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpul di analisis dengan teknik interprestasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak pasca covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran siswa di SMA Adabiah 2 Padang terutama di kelas XI MIPA 1 menimbulkan dampak positif dan negatif. Hal tersbut terlihat pada interaksi siswa dalam pembelajaran. Adapun dampak dampak yang terjadi yaitu dampak negatif dan positif. Dampak negatif terdiri dari 3 yaitu pertama, menurunnya konsentrasi siswa. Kedua, kurangnya respon siswa dalam belajar. Dan yang ketiga kurangnya percaya diri siswa. Kemudian dampak positif nya adalah pertama, mempermudah akses informasi dan tugas. Kedua, membangun kerjasama siswa yang baik. Dan yang ketiga, mempermudah siswa dalam berkomunikasi. Maka dapat disimpulkan bahwa dampak pasca pandemi covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran siswa di SMA Adabiah 2 Padang menimbulkan dampak negatif dan positif.

References

A. Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda. Karya.

Abizar. (1988). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK.

Ahmad Rohani HM dan Abu Ahmadi. (1991). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amriyeni, M., Syarif, I., & Iriani, Z. (2013). Pengaruh Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tari Daerah Setempat Kelas X SMA Negeri 8 Padang. Jurnal Sendratasik, 2(1), 56-62.

Anitah Sri W, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas. Terbuka.

Ardilawaty, S., Iriani, Z., & Yuliasma, Y. (2018). Penerapan Metode Discovery untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni tari di kelas VII. 10 SMP Negeri 18 Padang. Jurnal Sendratasik, 7(2), 29-34.

Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh tingkat konsentrasi belajar siswa terhadap daya pemahaman materi pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30-33.

Depdikbud. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Marthisilya, D., & Astuti, F. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Daring Via Whatsapp Di SMP Negeri 11 Solok Selatan. Jurnal Sendratasik, 10(1), 219-226.

Moleong, Lexy. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Parwati, Ni Nyoman, I Putu Suryawan dan Ratih Ayu Apsari. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Saputra, W.N.E. (2010). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X-3 SMA Negri 8 Surabaya Dengan Konseling Kelompok Gestalt. Makalah Unesa: tidak diterbitkan.

Sari, Y. (2013). Penerapan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Ditinjau Dari Respon Siswa Terhadap Pembelajaran.

Semler, S. (2005). Use Blended Learning to Increase Learner Engagement and Reduce Training Cost (http://www.learningsim.com/content/lsnews/ blended_learning1. html).

Waralah Cristo. (2008). Pengertian Tentang Dampak. Jakarta Bandung Alfabeta.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Angela, Z., & Yuliasma. (2023). Dampak Pasca Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Seni Tari di SMA Adabiah 2 Padang. Avant-Garde: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan, 1(2), 158–166. https://doi.org/10.24036/ag.v1i2.21

Issue

Section

Articles