Pembelajaran Musik Tradisional (Pupuik Sarunai) Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Hiliran Gumanti
DOI:
https://doi.org/10.24036/ag.v1i2.16Keywords:
Pembelajaran, Musik Tradisional, Pupuik SarunaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran musik tradisional (Pupuik Sarunai) siswa kelas X SMA Negeri 2 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, studi pustaka, wawancara dan studi dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang belum sesuai dengan modul sehingga berdampak pada penilaian hasil belajar peserta didik tersebut. Dari evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru didapatkan penilaian hasil belajar pada peserta didik masih banyak peserta didik yang belum mencapai nilai KKM yaitu sebanyak 6 orang, peserta yang mendapatkan nilai pas KKM 16 orang, dan untuk peserta didik yang nilainya melewati KKM hanya sebanyak 9 orang. Agar tercapainya tujuan dan hasil belajar guru harus memperhatikan modul ajar yang telah dirancang dan dapat diterapkan pada pelaksanaan proses pembelajaran mengenai alat musik pupuik sarunai tersebut.
References
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1),
Bafadal, Ibrahim. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Bumi. Aksara.
Bungin, Burhan. (2013). Metode Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan, Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: kencana prenada media goup.
Firnando, M., & Hadi, H. (2021). Pembelajaran Musik Tradisional Di SMA Negeri 1 Painan. Jurnal Sendratasik, 10(2), 49-57.
Jogiyanto, (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset
Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Munandar, A. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema "Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.
Paramita, Y., & Yensharti, Y. (2020). Penggunaan Media Powerpoint Dalam Pembelajaran Musik Tradisional Di SMP Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Sendratasik, 10(1), 326-336.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.
Tumbijo, H.B.Dt. (1977). Minangkabau dalam Seputar Seni Tradisional. Padang.
Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa Pandem Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126.
Yeska, V. N., Ardipal, A., & Toruan, J. L. (2013). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Musik Tradisional di SMP Negeri 27 Padang. Jurnal Sendratasik, 2(3), 82-94.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Marlis Putri Nandina, Marzam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.