Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Materi Musik Tradisional (Talempong Pacik) Pada Kelas X MIPA 1 di SMA Pertiwi 1 Padang

Authors

  • Aisyah Lestari Universitas Negeri Padang
  • Harisnal Hadi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/ag.v1i2.20

Keywords:

pelaksanaan, pembelajaran, seni budaya, musik tradisional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan  mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran musik talempong pacik di kelas X IPA-1SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengklasifikasi data, mengklarifikasi data, menganalisis data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  perencanakan pembelajaran tidak sesuai dengan RPP yang sudah direncanakan di karenakan  alat peraga pembelajaran yang disediakan oleh sekolah kurang memadai dalam pembelajaran dan guru juga terlihat kekurangan waktu dalam kegiatan pembelajaran serta dalam pembelajaran lebih ke metode ceramah guru terbatas dalam penggunaan alat peraga dan keterbatasan waktu dalam kegiatan praktek sehingga pembelajaran musik talempong pacik tidak dapat di praktekkan secara tuntas. Proses pembelajaran belum sepenuhnya mendapatkan hasil belajar yang memuaskan, guru terbatas dalam penggunaan alat peraga dan keterbatasan waktu dalam kegiatan praktek, guru terus berupaya memberikan nilai yang terbaik kepada peserta didik, agar peserta didik terus bersemangat dalam proses kegiatan pembelajaran, peserta didik masih terlihat kaku dalam melakukan kegiatan pembelajaran termasuk dalam proses kegiatan praktek pembelajar musik tradisional, sehingga masih banyak nilai peserta didik di bawah KKM, dan selebihnya hanya mecapai batasan KKM. Maka diketahui bahwa peserta didik belum mendapatkan hasil nilai yang maksimal.

References

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Abadi, M. A., & Hadi, H. (2021). Pembelajaran Gitar Berbasis Daring di SMA Negeri 5 Tanjung Jabung Timur. Jurnal Sendratasik, 10(3), 117-128.

Ali, Matius. (2006). Estetika: Pengantar Filsafat Seni. Karang Mulya. Tangerang: Sanggar. Luxor.

Bafadal, Ibrahim. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Bumi. Aksara.

Bastomi, S. (1988). Apresisasi Kesenian Tradisional. Semarang: IKIP Semarang. Press.

Jamalus. (1988). Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui. Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.

Lestari, Y., Syeilendra, S., & Hadi, H. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Bernyanyi Secara Unisono dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas VII-3 SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota. Jurnal Sendratasik, 7(4), 19-26.

Marzam, M., WS, H., Indrayuda, I., & Maestro, A. (2023). Continuity and Changes in Gandang Sarunai's Music Performance in Alam Surambi Sungai Pagu Society's Socio-Cultural Activities, South Solok Regency, West Sumatra. Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Humaniora, 130-139.

Marzam, M., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Effectiveness of Learning Assessment Through Feedback with Test Essays. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 82-92.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Rooijakkers. (1991). Mengajar dengan Sukses. Jakarta: PT. Grasindo.

Rupiyanto, V. (2015). Bentuk Lagu Sirih Penyihir Karya Rino Dezapaty di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Skripsi. Pekanbaru Studi Pendidikan Sendratasik FKIP UIR.

Sedyawati, Edi (1992). Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi, Seni dan Sejarah. Jakarta: Rajawali Pers

Sopati, V. A., Hadi, H., & Wimbrayardi, W. (2018). Pembelajaran Bernyanyi Secara Unisono di kelas VII. 1 UPT SMPN 1 koto XI tarusan. Jurnal Sendratasik, 7(2), 58-62.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syeilendra, S. (2020). Belajar Pianika Pada Pembelajaran Seni Musik di Kelas VIII SMP Negeri 12 Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Sendratasik, 9(4), 223-236.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Lestari, A., & Hadi, H. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Materi Musik Tradisional (Talempong Pacik) Pada Kelas X MIPA 1 di SMA Pertiwi 1 Padang. Avant-Garde: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan, 1(2), 141–148. https://doi.org/10.24036/ag.v1i2.20

Issue

Section

Articles